Selamat datang di blog DSD IPTEK

Teknologi Informasi dan Komunikasi Part3

Thursday, January 24, 20130 comments

Assalamu'alaikum Wr. Wb

Bismillahirrohmaanirrohieeem. Pada kesempatan ini DSDiptek akan sedikit membahas tentang KOMUNIKASI.

Pada dasarnya Manusia adalah makhluk sosial yang memerlukan orang lain untuk mencukupi kebutuhan sandang, pangan, serta papannya. Bener gak tuh, kalau kita mau merenung sejeak TIDAK ada orang yang dapat memenuhi kebutuhannya seorang diri. Karena manusia memerlukan interaksi untuk memenuhi kebutuhannya dalam hidup untuk kehidupan.

Kita semua tidak bisa memungkiri bahwa BERBICARA adalah salah satu cara untuk berinteraksi dengan orang lain. Namun, tidak semua pembicaraan dapat dimengerti oleh orang yang mendengarnya. Manusia dikatakan berinteraksi satu sama lain jika pesan yang disampaikan dapat dimengerti oleh orang lain. Pesan yang disampaikan dapat berbentuk kata, bahasa isyarat, ketukan, gerakan badan, kode-kode, atau simbol. Hal tersebut merupakan proses komunikasi. 

Proses komunikasi sekurang-kurangnya melibatkan dua orang. Proses komunikasi juga harus menggunakan bahasa yang dapat dipahami oleh pengirim dan penerima pesan. Komunikasi adalah penyampaian informasi dari pengirim (sender) kepada penerima (recipient) sehingga penerima dapat memahami pesan yang dimaksud oleh pengirim.

Unsur-unsur penting dalam komunikasi adalah dengan adanya :  
  • Sumber, Adalah pembuat atau pengirim informasi. Dalam komunikasi antar manusia, sumber bisa terdiri dari satu orang, tetapi bisa juga dalam kelompok misalnya partai, organisasi atau lembaga. Sumber biasa disebut juga komunikator atau dalam bahasa Inggrisnya disebut source, sender atau decoder. 
  • Pesan, Adalah sesuatu yang disampaikan oleh pengirim kepada penerima. Pesan dapat disampaikan dengan cara tatap muka atau melalui media komunikasi. 
  • Media, Media yang dimaksud di sini adalah alat yang digunakan untuk   memindahkan pesan dari sumber kepada penerima. 
  • Penerima, adalah pihak yang menjadi sasaran pesan yang dikirim oleh sumber. Penerima bisa terdiri dari satu orang atau lebih. Penerima biasa disebut komunikan atau dalam bahasa Inggris disebut audience atau receiver. 
  • Efek, Efek atau pengaruh adalah perbedaan antara apa yang dipikirkan, dirasakan dan dilakukan oleh penerima sebelum dan sesudah menerima pesan. Pengaruh ini bisa tergantung dari pengetahuan, sikap dan tingkah laku seseorang. (De Fleur, 1982) 
  • Umpan BalikAdalah suatu bentuk tanggapan balik dari penerima setelah memperoleh pesan yang diterima.
Menurut Joseph A. DeVito dalam bukunya Communicology komunikasi dibagi atas empat macam yaitu : 
  1. Komunikasi Intrapribadi (Intrapersonal Communication), Merupakan proses komunikasi yang terjadi dalam diri individu atau dengan kata lain proses berkomunikasi dengan diri sendiri. 
  2. Komunikasi Antarpribadi (Interpersonal Communication), Merupakan proses komunikasi yang berlangsung antara dua orang atau lebih secara tatap muka, seperti yang dinyatakan oleh Pace (1979) bahwa “Interpersonal communication is communication involving two or more people in a face to face setting” 
  3. Komunikasi Publik (Public Communication), Sesuai namanya, komunikasi publik menunjukkan suatu proses komunikasi di mana pesan-pesan disampaikan oleh pembicara dalam situasi tatap muka di depan khalayak yang lebih besar.
  4. Komunikasi Massa (Mass Communication), Komunikasi massa dapat didefinisikan sebagai proses komunikasi yang berlangsung di mana pesannya dikirim dari sumber yang melembaga kepada khalayak yang sifatnya massal melalui alat yang bersifat mekanis separti radio, televisi, surat kabar dan film.
Pengertian Komunikasi Menurut Para Ahli:
  • Onong Uchjana Effendy, Komunikasi adalah proses penyampaian pesan oleh seseorang kepada orang lain untuk memberitahu, mengubah sikap, pendapat, atau perilaku, baik secara lisan (langsung) ataupun tidak langsung (melalui media).
  • Raymond Ross, Komunikasi adalah proses menyortir, memilih, dan pengiriman simbol-simbol sedemikian rupa agar membantu pendengar membangkitkan respons/ makna dari pemikiran yang serupa dengan yang dimaksudkan oleh komunikator. 
  • Gerald R. Miller, Komunikasi terjadi saat satu sumber menyampaikan pesan kepada penerima dengan niat sadar untuk memengaruhi perilaku mereka.
  • Everett M. Rogers, Komunikasi adalah proses suatu ide dialihkan dari satu sumber kepada satu atau banyak penerima dengan maksud untuk mengubah tingkah laku mereka.
  • Carl I. Hovland, Komunikasi adalah suatu proses yang memungkinkan seseorang menyampaikan rangsangan (biasanya dengan menggunakan lambang verbal) untuk mengubah perilaku orang lain.
  • New Comb, Komunikasi adalah transmisi informasi yang terdiri dari rangsangan diskriminatif dari sumber kepada penerima.
  • Bernard Barelson & Garry A. Steiner, Komunikasi adalah proses transmisi informasi, gagasan, emosi, keterampilan dan sebagainya dengan menggunakan simbol-simbol, kata-kata, gambar, grafis, angka, dsb.
  • Colin Cherry, Komunikasi adalah proses dimana pihak-pihak saling menggunakan informasi dengan untuk mencapai tujuan bersama dan komunikasi merupakan kaitan hubungan yang ditimbulkan oleh penerus rangsangan dan pembangkitan balasannya.
  • Forsdale, dalam ungkapannya “communication is the process by which a system is established, maintained and altered by means of shared signals that operate according to rules”. Komunikasi adalah suatu proses dimana suatu sistem dibentuk, dipelihara, dan diubah dengan tujuan bahwa sinyal-sinyal yang dikirimkan dan diterima dilakukan sesuai dengan aturan.
  • William J.Seller, komunikasi adalah proses dimana simbol verbal dan nonverbal dikirimkan, diterima dan diberi arti.
  • Harold Lasswell, Who Says What In Which Channel to Whom With What Effect? (Siapa Mengatakan Apa Dengan Saluran Apa Kepada Siapa Dengan Pengaruh Bagaimana?) 
Dari beberapa definisi diatas bisa disimpulkan bahwa Komunikasi adalah sebuah cara yang digunakan sehari-hari dalam menyampaikan pesan/rangsangan(stimulus) yang terbentuk melalui sebuah proses yang melibatkan dua orang atau lebih. Dimana satu sama lain memiliki peran dalam membuat pesan, mengubah isi dan makna, merespon pesan/rangsangan tersebut, serta memeliharanya di ruang publik. Dengan tujuan sang “receiver” (komunikan) dapat menerima sinyal-sinyal atau pesan yang dikirimkan oleh “source” (komunikator).

Alhamdulillah..... semoga pembahasan tentang Teknologi, Informasi dan Komunikasi bisa bermanfaat untuk semuanya
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Cara Gampang | Creating Website | Johny Template | Mas Templatea | Pusat Promosi
Copyright © 2011. DSD - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger